Fokusin Aja Yang Ada


Di postingan kali ini, gua pengen ngomongin keluh kesah gua belajar programming

Tentunya menjadi programmer bukanlah hal yang mudah. Layaknya menjadi pekerjaan pekerjaan lain, menjadi programmer nyatanya membutuhkan ketelatenan, ketelitian, kecerdikan yang mumpuni. Kalau kalian gak mampu dan gampang menyerah, mungkin menjadi programmer bukan pekerjaan yang layak untuk kalian

Memang apa sih untungnya menjadi programmer?
Satu satunya hal yang bisa gua jawab adalah, programmer adalah pekerjaan yang selalu dibutuhkan.
Dimana pun
Entah bisnis startup yang sudah pasti selalu membutuhkan hingga bisnis korporat.

Menjadi programmer atau sedikit memahami bahasa pemograman adalah bekal untuk masa depan. Lebih lebih sejak tahun 2011, dunia sudah diperingati masuk ke dalam Era Industri  4.0, padahal saat itu gua belom sepenuhnya melek internet. Gua masih menggunakan Youtube cuma buat nonton video random dan masih bingung kelabakan gimana caranya membuat Facebook

So, menjadi programmer menurut gua adalah cita cita paling basic yang harus dimiliki semua anak di taman kanak kanak. Keterlaluan ga si?

Sayangnya, para orang tua belom aware sama pekerjaan ini. Seolah olah mereka syok dan mempertanyakan kelangsungan hidup sebagai programmer? apa yang akan mereka makan? sourcecode javascript?

Termasuk, para orang tua yang masih setengah setengah membiayai putra putrinya dalam mendalami ilmu teknologi. Para orang tua masih eman eman menggelontorkan uang banyak demi membelanjakan perangkat komputer. Padahal semua itu bisa menjadi investasi. Selama, anak anaknya juga tanggung jawab mau memanfaatkan

Lalu bagaimana bagi orang orang (seperti gua) yang tidak privilege. Yang kadang kadang masih suka serba kekurangan survive di dalam dunia digital yang lagi edan edannya?

Hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah, Fokus Sama Yang Ada

Gimana maksudnya?

Maksudnya kalian bisa memanfaatkan apa yang kalian punya dulu
Kalau kalian cuma punya komputer dengan spek kentang, maka jangan ngebet pengen bikin game pake Unity 3D, mau nyoba 3D Animation, dsb. Jangan sampe berfikir sejauh itu. Justru, kalian harus memikirkan apa yang bisa saya hasilkan dari komputer yang sebutut ini.

Biasanya, hal yang laptop butut bisa lakukan adalah mendesign, mengetik. Cukup
Ngoding? bisa, kalau hanya sekedar html, css, javaskrip

Intinya kalian lakukan hal yang kalian bisa bisa dulu. Sebelum kalian pengen melakukan projek dengan alat alat yang lebih mahal

Kalau kalian terlalu fokus pengen langsung bikin yang besar. Maka selamanya kalian gak akan memulai apapun. Karena, kalian sudah stuck pada sebuah pemikiran, "Gua harus punya ini dan itu dulu baru gua belajar", alhasil, kalian nunggu sampe punya duit dulu, baru kalian belajar. Kelamaan

Gua punya Laptop yang amat sangat kentang
RAM 2GB, Intel HD Graphic, Intel Core i3
Bayangkan  gua kudu survive dengan laptop semata wayang inidengan dunia yang sudah se-wah ini, dan banyaknya laptop dewa bermunculan.. Akhirnya gua memilih dan memilah apa aja yang bisa dilakukan dengan laptop ini
Ternyata hal yang gua bisa lakukan adalah

1. Ngoding
Sejauh ini gua coding Java, Javascript, Php, HTML, CSS. Dan software yang gua pake adalah Sublime Text, Visual Code.
2. Edit Video
Software yang gua pake, Wondershare Filmora
3. Nulis
MS Word
4. Design
Photoshop

Well, gak buruk kan? seumpama kalian punya laptop yang mirip mirip punya gua. Maka keempat hal diatas bisa menjadi ladang pundi pundi rupiah kalian. Selama kalian tekun
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post